Mengenal Lebih Dekat Wisata Candi Mendut

Candi Buddha yang terletak di jalan Mayor Kusen, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang ini dibangun oleh Dinasti Syailendra, yakni Raja Indra dengan bentuk persegi empat yang dilengkap dengan hiasan berupa stupa kecil. Candi yang terletak dalam satu garis lurus dengan Candi Borobudur ini memililki pintu yang menghadap ke barat atau membelakangi matahari.

Wisata-Candi-Mendut-Magelang-Jawa-Tengah

Candi Mendut Kaya Pesan Moral

Candi yang nampak anggun dan kokoh dengan tinggi 3,7 meter ini memiliki sejumlah panel relief di sekeliling kakinya yang bercerita tentang fabel (cerita binatang), seperti kisah “Brahmana dan Kepiting”, “Burung dan Kura-kura”, serta “Kera dan Burung Manyar”. Relief – relief tersebut memberikan gambaran kisah Jataka yang kental akan pesan moral.

Pada badan candi, terdapat 8 relief Bodhisattva dengan berbagai sikap tangan. Sementara di bilik candi, terdapat 3 buah arca batu berukuran besar dengan tinggi 3 meter dan disertai aroma wangi bunga bercampur hio. Ketiga arca tersebut ialah arca Dyani Buddha Cakyamuni (Vairocana), arca Budha Avalokitesvara (Lokesvara), dan arca Bodhisatva Vajrapani.

Candi Mendut juga memiliki sejumlah kios souvenir yang menjual berbagai pernak – pernik sebagai oleh–oleh. Di sekitar kompleks Candi Mendut terdapat bangunan Buddhist Monastery yang dibuka untuk umum, di mana di dalamanya terdapat kolam dengan sejumlah bunga teratai yang bermekaran.

Ritual Chanting di Candi Mendut

Setiap malamnya, di areal Buddhist Monastrery akan dilakukan ritual Canthing oleh penganut agama Buddha, yakni semacam meditasi dengan mendengarkan alunan musik dan nyanyian – nyanyian tertentu. Para wisatawan juga boleh menyaksikan atau mengikuti ritual yang biasanya dilakukan pada pukul 7 hingga 8 malam ini.

Vihara Buddha Mendut

Di sisi utara kompleks candi ini terdapat Vihara Buddha Mendut yang awalnya merupakan area biara Katholik. Namun tanah di area tersebut akhirnya dibagikan kepada rakyatnya yang kemudian dibeli oleh yayasan Buddha untuk membangun sebuah Vihara. Di dalam vihara tersebut terdapat beberapa patung Buddha, taman, serta tempat beribadah yang sebagian fasilitasnya merupakan sumbangan dari negara Jepang.

Rute Perjalanan ke Candi Mendut

Anda dapat memulai perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta melalui jalan Jogja – Magelang. Ketika sampai di daerah Mungkid (pertigaan lampu merah), ikuti penunjuk arah yang menuju ke Candi Borobudur, kemudian belok kiri dan lurus terus hingga menemukan Candi Mendut di bagian kanan jalan. Perjalanan ini akan menempuh jarak sekitar 37 km dengan waktu tempuh selama 45 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − three =