Mengenal Lebih Dekat Wisata Tanjung Lesung Banten

Pantai Tanjung Lesung adalah salah satu pantai di Provinsi Jawa Barat yang tekenal di kalangan masyarakat Banten dan juga Jakarta. Perpaduan antara pasir putih dengan pepohonan yang tumbuh di tepi pantai merupakan panorama indah yang dapat dinikmati untuk menyegarkan pikiran kembali.

Wisata-Tanjung-Lesung-BantenPantai Tanjung Lesung berada di ujung barat Pulau Jawa atau tepatnya di Desa Tanjung Jaya, di bawah wilayah Kecamatan Panimbang, Kab. Pandeglang, Provinsi Banten. Bagi yang ingin berkunjung ke pantai Tanjung Lesung, Anda sebaiknya membawa kendaraan pribadi agar lebih leluasa. Dari Kota Serang, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah Kota Pandeglang dan Labuan hingga nantinya sampai di Pantai Tanjung Lesung.

Nama Tanjung Lesung didapatkan dari penamaan lokasi pantai yakni bentuk daratan pantai yang menjorok ke laut sehingga menyerupai ujung lesung. Lesung sendiri merupakan alat tradisional yang digunakan untuk menumbuk padi.

Kegiatan Wisata Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung memiliki hamparan pasir putih yang sangat landai sehingga memungkinkan Anda untuk dapat melakukan beragam jenis kegiatan air. Anda dapat berjalan bersama pasangan untuk menyusuri garis pantai dengan ditemani semilir angin serta deburan ombak yang menyegarkan. Anda juga dapat menggelar tikar, berenang, bermain air, memancing, menyelam atau sekedar melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan terumbu karang. Anda juga dapat belajar tentang cara transplantasi terumbu karang di area konservasi yang terletak di tengah pantai.

Di pantai ini, Anda juga dapat melakukan beragam jenis olehraga seperti dayung kayak, golf, jet ski, paintball, serta permainan yang memacu adrenalin, misalnya saja banana boat. Anda juga dapat menyusuri perkampungan nelayan yang letaknya tidak jauh dari pantai Tanjung Lesung. Kampung nelayan tersebut merupakan Kampung Cipanon yang menawarkan beberapa paket outbond seperti sun rise boat trip, wisata budaya nelayan, memberi makan burung camar, melihat konservasi terumbu karang, serta fun games di Pulau Liwungan.

Apabila berkunjung pada hari Sabtu, maka Anda dapat menikmati hidangan khas yang ditawarkan di beberapa restoran yang berada di tepi pantai. Hidangan spesial tersebut ialah barbeque dari berbagai seafood yang lezat.

Hotel di Tanjung Lesung

Di pantai ini tersedia beberapa penginapan, seperti Blue Whale Sanctuary, Kalicaa Villa Tanjung Lesung, dan Blue Fish Hotel dengan berbagai macam fasilitas dan akomodasi standar untuk hotel berbintang yang tak akan mengecewakan.

Rute Perjalanan ke Tanjung Lesung

Untuk berkunjung ke pantai ini, Anda dapat menggunakan kendaraan mobil, motor, atau bis, dengan watu perjalanan sekitar 4 jam. Untuk menuju kawasan wisata Tanjung Lesung, terdapat dua rute perjalanan yang dapat ditempuh :

  1. Dari jalan tol Jakarta ke arah Merak, selanjutnya keluar di pintu Gerbang Tol Serang Timur – melewati Kota Serang ke arah Kota Pandeglang dan Labuan, hingga tiba di Tanjung Lesung.
  2. Dari jalan tol Jakarta – Merak, kemudian keluar di Gerbang Tol Cilegon – menyusuri pesisir Anyer– Carita ke arah Labuan, hingga tiba di Tanjung Lesung.

Apabila menggunakan motor, Anda bisa memilih dua rute perjalanan seperti berikut ini :

  1. IPB Bogor – Jasinga – Rangkas Bitung – Pandeglang – Tanjung Lesung.
  2. Serpong – Cimone – Serang – Pandeglang – Tanjung Lesung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + two =