Menggunakan Biogas Sebagai Bahan Bakar Genset

Krisis energi terjadi tidak hanya di dalam negeri saja namun juga di seluruh penjuru dunia. Semakin bertambahnya populasi manusia semakin besar pula penggunaan energi, isu krisis energi ini sudah menjadi perbincangan di berbagai kalangan di dunia.

biodiesel untuk genset

Mayoritas energi yang di dunia menggunakan bahan bakar fosil atau bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui sehingga jumlah bahan bakar fosil tersebut di dunia sudah mengalami krisis. Terlebih lagi saat ini terdapat banyak sektor industri besar yang menggunakan bahan bakar dalam jumlah banyak pula.

Selain jumlahnya yang semakin berkurang, pemakaian bahan bakar minyak ini juga disinyalir menjadi salah satu penyebab pemanasan global karena gas buang yang dihasilkannya. Oleh karena itu saat ini banyak orang yang berusaha mencari solusi energi sebagai pengganti bahan bakar fosil.

Menggunakan Biogas Sebagai Bahan Bakar Genset

Salah satu alternatif energi yang digunakan adalah dengan menggunakan limbah. Limbah yang digunakan merupakan limbah hewani yaitu kotoran sapi atau kerbau. Energi dari kotoran hewan ini biasanya disebut dengan biogas. Mungkin ada yang belum mengetahui apakah itu biogas? Biogas merupakan produk akhir dari pencernaan yang di dalamnya terdapat bakteri anaerobic dalam lingkungan bebas oksigen atau udara.

Komponen utama yang terdapat di dalam biogas adalah senyawa methana dan karbondioksida. Yang bisa menjadi produk biogas tidak hanya limbah kotoran hewan saja namun juga bisa dari tumbuhan misalnya tebu, rumput, jagung, gandum atau bisa berupa limbah hasil produksi seperti minyak, bagas, penggilingan padi dan limbah sagu. Penggunaan energi dari biogas ini juga bisa diterapkan di mesin genset. Memang penggunaannya tidak seratus persen menggunakan biogas namun paling tidak dapat mengurangi penggunaan bahan bakar fosil.

Contohnya untuk penggunaan genset dua fuel yang menghasilkan daya hingga 2000 watt ini memerlukan setidaknya 0,03 m3 biogas atau setara dengan 0,8 liter bahan bakar fosil. Untuk mengaplikasikan biogas ini pada mesin genset juga sangat sederhana yaitu hanya dengan menambahkan tangki baru dan pipa pembuangannya untuk menyalurkan biogas di dalam mesin genset. ¦ portalmurah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 3 =