Strategi Mencari Tiket Pesawat Murah Non Promo

Saat musim liburan tiba atau mendekati lebaran, biasanya tiket pesawat murah akan banyak diburu oleh para traveler atau pemudik. Ada anggapan yang sudah lama beredar di masyarakat bahwa waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat murah adalah jauh-jauh hari atau 2 sampai 3 bulan sebelum jadwal keberangkatan. Namun, sebenarnya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar karena seringkali harga tiket pesawat jadi lebih murah saat seminggu atau bahkan 2 hari sebelum keberangkatan. Berikut ini Strategi Mencari Tiket Pesawat Murah Non Promo dari berbagai maskapai penerbangan di Indonesia.

tiket pesawat murah

Yang harus dipertimbangkan ketika akan mencari tiket pesawat murah adalah tujuan/rute penerbangan, jumlah maskapai yang melayani rutenya dan kapan kita membeli tiket pesawatnya.

Jika rute yang Anda pilih merupakan rute yang banyak dilayani oleh maskapai misalnya rute ke Singapura, Bali, Kuala Lumpur, Jogja, dll, maka Anda harus pintar-pintar baca harga karena harga rute penerbangan tersebut sangat fluktuatif. Dengan kata lain, jika Anda sudah menemukan satu harga yang dirasa sudah paling murah dan sepertinya tidak akan bisa turun lagi, maka segeralah membeli tiket tersebut saat itu juga.

Namun, jika rute yang dipilih adalah rute yang sedikit dilayani oleh airline seperti rute ke Aceh, Banjarmasin, Belitung, dll, maka tidak akan berpengaruh banyak meskipun Anda membeli tiket dari jauh-jauh hari. Biasanya, airline yang melayani rute ini akan menerapkan year-round fare yang berarti harga tiket pesawatnya akan tetap sama sepanjang tahun.

Di samping itu, faktor “kapan” Anda ingin berangkat dan pulang juga akan berpengaruh banyak ketika berusaha mencari dan mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah. Agar lebih memahami faktor “kapan” ini, simak poin-poin berikut:

Hari-Hari Termurah

Kita semua tahu bahwa harga tiket pesawat akan melambung saat weekend dan holiday. Sebaiknya memilih waktu liburan Anda pada musim non-liburan dan di weekday. Yang termasuk ke dalam kategori cheapest days adalah kombinasi antara: Selasa – Kamis, Rabu – Jumat, atau berangkat pada hari Sabtu/Minggu dan pulang pada hari Selasa – Jumat. Sebaliknya, jika Anda memilih kombinasi hari Jumat – Minggu, Jumat – Senin, Sabtu – Minggu, Sabtu – Senin, maka peluang Anda untuk memperoleh harga tiket pesawat murah akan sangat kecil sekali.

Tanggal-Tanggal Termurah

Menurut hasil observasi, harga tiket pesawat berbeda-beda tergantung tanggalnya meskipun weekend ataupun weekday. Di setiap tanggal 20-an (menjelang akhir bulan), harga tiket pesawat di semua maskapai cenderung menjadi lebih murah dibandingkan awal bulan atau tanggal belasan. Logikanya, jumlah orang-orang yang bepergian dengan pesawat pada tanggal 20-an cenderung sedikit karena memasuki “tanggal tua”. Hal inilah yang mungkin menyebabkan sejumlah airline memasang harga tiket murah supaya kursi pesawat bisa tetap terisi.

Bulan-Bulan Termurah

Selain hari dan tanggal, bulan pun bisa sangat berpengaruh terhadap kisaran harga tiket. Yang termasuk ke dalam kategori bulan-bulan termahal adalah akhir tahun, lebaran, dan liburan anak sekolah. Di luar bulan-bulan tersebut bisa dianggap sebagai bulan-bulan termurah dan merupakan waktu yang tepat untuk mulai berburu tiket pesawat murah. Dengan kata lain, yang termasuk bulan-bulan termurah biasanya adalah Februari-April dan September-November

Tren Promo Maskapai

Untuk bisa mempelajari tren promo maskapai, Anda bisa mengikuti fanpage Facebook, Twitter, dan berlangganan newsletter dari maskapai tersebut. Dengan demikian Anda bisa mencari tahu kapan maskpai-maskapai tersebut menawarkan promo dan seperti apa bentuk promonya.

Secara garis besar, mencari tiket pesawat murah itu memerlukan ketelitian dan ketelatenan. Jangan pernah tergesa-gesa membeli tiket pesawat jika memang tidak terlalu urgent. Selain itu, perhatikan juga detail pembayaran tiket terutama ketika memakai maskapai low carrier cost (LCC) untuk menghindari biaya tambahan yang sebenarnya tidak diperlukan.

Mencari Tiket Pesawat Murah Dengan SkyScanner

Skyscanner merupakan situs/aplikasi pencarian perjalanan global yang menelusuri lebih dari 600 maskapai pada 200.000 rute ke 5000 bandara. Anda bisa mencari, menemukan dan langsung memesan tiket pesawat murah di situs/aplikasi SkyScanner.

Bagaimana Bisa Maskapai LCC Menjual Tiket Pesawat Dengan Harga Murah?

Tiket maskapai penerbangan bertarif rendah (low cost carrier) semakin diminati dari waktu ke waktu. Sampai tahun 2015, sekitar 70% lalulintas penerbangan di tanah air didominasi oleh low cost carrier (LCC). Untuk menekan harga, beberapa maskapai LCC ternyata memangkas sejumlah biaya operasional dengan beberapa strategi berikut ini:

  • Memperbanyak jumlah kursi
  • Perhitungan jam terbang
  • Penjualan tiket langsung ke pembeli via internet
  • Minim fasilitas bandara (tidak ada fasilitas tunggu dan garbarata/belalai untuk naik turun penumpang)
  • Pola penerbangan point to point atau tidak adanya konsep transit untuk menghindari biaya transit dan menghemat bahan bakar
  • Kru pesawat bertugas secara pulang pergi untuk menghemat biaya akomodasi bagi kru
  • Maskapai penerbangan memakai satu jenis pesawat saja untuk menekan biaya pemeliharaan, training serta pembelian suku cadang
  • Perputaran dana segar untuk investasi dan dalam waktu 6-9 bulan dan tersebut akan tumbuh dan berkembang pesat

Apabila kenyamanan bukan prioritas utama bagi Anda, maka membeli tiket murah pesawat dari maskapai LCC tanpa fasilitas tambahan bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika kenyamanan dan kepraktisan adalah prioritas utama Anda, maka maskapai penerbangan regular merupakan pilihan paling pas. Akhir kata, terimakasih sudah berkenan membaca artikel tentang Strategi Mencari Tiket Pesawat Murah Non Promo diatas dan semoga bermanfaat.

Referensi:

  • http://kaniakismadi.blogspot.com/2014/02/tips-cara-mendapatkan-tiket-pesawat.html
  • http://inginbisa.com/tips/rahasia-strategi-tiket-pesawat-murah-maskapai-lcc-terkuak.htm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 5 =